Ini merupakan hasil pembuatan PROTA untuk Jenjang SMP/MTs Kelas IX Tahun Pelajaran 2015/2016 sesuai dengan Kurikulum 2013 oleh Mahasiswa UIN Walisongo Semarang Angkatan 2013, guna memenuhi tugas Perencanaan Pembelajaran.
Anggota Kelompok:
1. Ifatus Sa'diah
2. Anilta Rosikhatul Ulum
3. Mukholifatul Umroh
4. Nailil Muna Auliya
5. Nurul Afifah
6. Lailin Uyun Munfaridah
Semoga Bermanfaat :)
PROGRAM TAHUNAN
Satuan Pendidikan : SMP/MTs
Mapel : Matematika
Kelas : IX
Tahun Ajar : 2014/2015
SEMESTER I
NO
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
ALOKASI WAKTU
|
1.
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.1 Merasa bersyukur terhadap Tuhan atas kesempatan
mempelajari matematika
|
Perpangkatan dan Bentuk Akar
|
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik dan kreatif, konsisten
dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam
memecahkan masalah sehari-hari, yang merupakan pencerminan sikap positif
dalam bermatematika
|
2.1.1 Menunjukkan sikap teliti dalam
menyelesaikan masalah terkait perpangkatan dan bentuk akar
2.1.2 Mampu memilih strategi
yang tepat dalam menyelesaikan masalah
|
|
||
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi,seni, budaya terkait fenomena dan kejadiantampak mata
|
3.1 Memahami sifat-sifat
bilangan berpangkat dan bentuk akar dalam suatu permasalahan
3.2 Memahami operasi aljabar yangmelibatkan
bilangan berpangkat bulatdan bentuk akar
|
3.1.1
Menemukan konsep definisi bentuk pangkat
3.1.2
Mengidentifikasi sifat-sifat bilangan berpangkat
3.1.3
Menentukan perpangkatan dalam bentuk bilangan biasa
3.1.4
Menemukan konsep definisi bentuk akar dari bentuk
pangkat pecahan
3.2.1
Menentukan nilai perpangkatan
3.2.2
Mengidentifikasi operasi yang melibatkan perpangkatan
3.2.3
Menyederhanakan operasi perkalian pada perpangkatan
3.2.4
Menyederhanakan operasi pembagian pada perpangkatan
3.2.5
Menghitung nilai pangkat pecahan
|
3 JP
3 JP
|
||
4. Mengolah,menyaji,dan
menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca,menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
4.3 Menyelesaikan permasalahan denganmenaksir
besaran yang tidak diketahui menggunakan berbagai teknik manipulasi aljabar
dan aritmatika
|
4.3.1
Menerapkan perkalian dan pembagian pada perpangkatan
dalam kehidupan nyata
4.3.2
Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan perpangkatan
4.3.3
Menyelesaikan permasalahan kontekstual yang terkait dengan bentuk akar
|
4 JP
|
||
Tes
Formatif 2 JPL
|
|||||
2.
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.1 Toleransi terhadap adanya perbedaan agama yang dianutnya
|
Pola, Barisan dan Deret
|
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik dan kreatif, konsisten
dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam
memecahkan masalah sehari-hari, yang merupakan pencerminan sikap positif
dalam bermatematika
|
2.1.1
Menunjukkan sikap kritis terhadap penyelesaian soal terkait materi
pola, barisan dan deret
|
|
||
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi,seni, budaya terkait fenomena dan kejadiantampak mata
|
3.10 Menerapkan pola dan generalisasi untuk membuat prediksi
|
3.10.1
Menjelasskan konsep definisi pola bilangan
3.10.2
Menemukan jenis-jenis pola bilangan dalam soal
3.10.3
Menerapkan jenis-jenis pola bilangan dalam soal
3.10.4
Menemukan konsep definisi barisan bilangan
3.10.5
Menemukan konsep definisi suku pada barisan bilangan
3.10.6
Menemukan konsep definisi barisan aritmetika
3.10.7
Menemukan rumus suku ke-n pada barisan aritmetika
3.10.8
Menerapkan rumus suku ke-n barisan aritetika pada soal
3.10.9
Menemukan konsep definisi barisan geometri
3.10.10
Menemukan rumus suku ke-n pada barisan geometri
3.10.11
Menerapkan rumus suku ke-n barisan geometri pada soal
3.10.12
menemukan konsep definisi deret bilangan
3.10.13
Menemukan rumus suku ke-n pada deret bilangan
3.10.14
Menerapkan rumus suku ke-n pada deret bilangan pada soal
3.10.15
Menemukan rumus suku ke-n pada deret aritmetika
3.10.16
Menerapkan rumus suku ke-n pada deret aritmetika pada soal
3.10.17
Menemukan rumus suku ke-n pada deret geometri
3.10.18
Menerapkan rumus suku ke-n pada deret geometri pada soal
|
12 JP
|
||
4. Mengolah,menyaji,dan
menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca,menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
4.4 Mengenal pola bilangan, barisan, deret, dan semacam,
danmemperumumnya;
menggunakan untuk menyelesaikan masalah nyata serta menemukan
masalah baru
|
4.4.1
Menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan pola bilangan dan
mampu menemukan permasalahan lain yang serupa.
4.4.2
Menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan barisan dan mampu menemukan permasalahan lain yang
serupa.
4.4.3
Menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan deret dan mampu
menemukan permasalahan lain yang serupa.
|
6 JP
|
||
Tes
Formatif 2 JPL
|
|||||
3.
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.1 Toleransi terhadap adanya perbedaan agama yang dianutnya
|
Perbandingan Bertingkat
|
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik dan kreatif, konsisten
dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam
memecahkan masalah sehari-hari, yang merupakan pencerminan sikap positif
dalam bermatematika
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan
karya teman dalam interaksi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari
|
2.1.1
Memiliki sikap tidak mudah menyerah dalam menyelesaikan soal
matematika pada materi perbandingan bertingkat
2.3.1
Menunjukkan sikap objektif dalam menggunakan konsep perbandingan
bertingkat
|
|
||
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi,seni, budaya terkait fenomena dan kejadiantampak mata
|
3.4 Memahami perbandingan
bertingkat danpersentase, serta mendeskripsikan permasalahan menggunakan
tabel, grafik, dan persamaan
|
3.4.1
Menemukan konsep definisi perbandingan bertingkat
3.4.2
Menerapkan konsep definisi perbandingan bertingkat dalam soal
3.4.3
Menentukan hubungan konsep perbandingan bertingkat dan persentase
3.4.4
Menerapkan hubungan konsep perbandingan bertingkat dan persentase
dalam soal
|
2 JP
|
||
4. Mengolah,menyaji,dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai,merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca,menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.2 Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata
mencakup perbandingan bertingkat
dan persentase dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan
|
4.2.1
Menyajikan konsep perbandingan bertingkat dan persentase kedalam
bentuk tabel, grafik dan persamaan
4.2.2
Menerapkan konssep perbandingan bertingkat dan persentase untuk
menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel, grafik dan persamaan
|
4 JP
|
||
Tes
Formatif 2 JP
|
|||||
4.
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.1 Toleransi terhadap adanya perbedaan agama yang dianutnya
|
Kekongruenan dan Kesebangunan
|
|
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik dan kreatif, konsisten
dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam
memecahkan masalah sehari-hari, yang merupakan pencerminan sikap positif
dalam bermatematika
|
2.1.1
Menunjukkan sikap analitik dalam proses pembelajaran matematika
2.1.2
Menunjukkan sikap kreatif dalam menyelesaikan soal kekongruenan dan
kesebangunan.
|
|
||
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi,seni, budaya terkait fenomena dan kejadiantampak mata
|
3.6 Memahami konsep
kesebangunan dankekongruenan geometri melalui pengamatan
|
3.6.1
Mengidentifikasi kekongruenan 2 buah benda dengan melakukan pengamatan
3.6.2
Menemukan konsep dua bangun kongruen
3.6.3
Mengidentifikasi syarat dua bangun yang kongruen
3.6.4
Menerapkan konsep dua bangun kongruen untuk menyelesaikan soal
3.6.5
Menjelaskan kriteria dua segitiga yang kongruen
3.6.6
Membuktikan dua buah segitiga yang kongruen
3.6.7
Menemukan konsep kesebangunan bangun datar
3.6.8
Mengidentifikasi syarat kesebangunan dua buah bangun
3.6.9
Menerapkan konsep kesebangunan bangun datar
3.6.10
Menjelaskan konsep kesebangunan dua buah segitiga
|
6 JP
|
||
4.Mengolah,menyaji,dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai,merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan rana abstrak
(menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.5 Menyelesaikan permasalahan nyata hasil pengamatan yang terkait
penerapankesebangunan dan kekongruenan
|
4.5.1
Menyelesaikan permasalahan nyata terkait konsep dan syarat
kekongruenan
|
4 JP
|
||
Tes
Formatif 2 JP
|
|||||
5.
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.1 Toleransi terhadap adanya perbedaan agama yang dianutnya
|
Bangun Ruang Sisi Lengkung
|
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik dan kreatif, konsisten
dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam
memecahkan masalah sehari-hari, yang merupakan pencerminan sikap positif
dalam bermatematika
|
2.1.1
Menunjukkan sikap logis dalam menentukan rumus bangun ruang sisi
lengkung
2.1.2
Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam kelompok diskusi
|
|
||
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi,seni, budaya terkait fenomena dan kejadiantampak mata
|
3.7 Menentukan luas selimut dan volumetabung, kerucut, dan
bola
3.8 Menaksir dan mengitung
luaspermukaan bangun datar dan bangun ruang yang tidak beraturan dengan
menerapkan kombinasi geometri dasarnya
|
3.7.1
Menjelaskan konsep definisi tabung
3.7.2
Membuat jaring-jaring tabung
3.7.3
Menemukan rumus luas permukaan tabung
3.7.4
Menerapkan rumus luas permukaan selimut tabung dalam menyelesaikan
soal
3.7.5
Menemukan rumus volume tabung
3.7.6
Menerapkan rumus volume tabung dalam menyelesaikan soal
3.7.7
Menemukan rumus luas permukaan kerucut
3.7.8
Menerapkan rumus luas permukaan kerucut dalam menyelesaikan soal
3.7.9
Menemukan rumus volume kerucut
3.7.10 Menerapkan rumus volume kerucut dalam
menyelesaikan soal
3.7.11 Menemukan rumus luas bola
3.7.12 Menerapkan rumus luas bola dalam
menyelesaikan soal
3.7.13 Menemukan rumus volume bola
3.7.14 Menerapkan rumus volume bola dalam
menyelesaikan soal
3.8.1
Menerapkan rumus luas permukaan bangun ruang beraturan pada bangun
ruang tidak beraturan
3.8.2
Menerapkan rumus volume permukaan bangun ruang beraturan pada bangun
ruang tidak beraturan
|
12 JP
4 JP
|
||
4. Mengolah,menyaji,dan
menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
|
|
|
||
Tes
Formatif 2 JP
|
|||||
6.
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1.1 Toleransi terhadap adanya perbedaan agama yang dianutnya
|
Statistika
|
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
|
2.1Menunjukkan sikaplogis, kritis, analitik dan kreatif,
konsisten dan teliti,bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah
menyerahdalam memecahkan masalah sehari-hari, yang merupakan pencerminan
sikap positif dalam bermatematika
|
2.1.1
Memiliki sikap konsisten dalam menyelesaikan soal matematika
2.1.2
Menunjukkan sikap bertanggung jawab pada data yang diperoleh
|
|
||
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi,seni, budaya terkait fenomena dan kejadiantampak mata
|
3.11 Menentukan nilai rata-rata,
median, dan modus dari berbagai jenis data
3.12 Memilih teknik penyajian
data dua variabel dan mengevaluasi keefektifannya, serta menentukan hubungan
antar variabel berdasarkan data untuk mengambil kesimpulan
|
3.11.1
Menemukan rumus umum mean/nilai rata-rata
3.11.2
Menerapkan rumus umum mean/nilai rata-rata dalam menyelesaikan soal
3.11.3
Menemukan rumus umum medin
3.11.4
Menerapkan rumus umum median dalam menyelesaikan soal
3.11.5
Menemukan rumus umum modus
3.11.6
Menerapkan rumus umum modus dalam menyelesaikan soal
3.12.1
Menyajikan data dua variabel dalam tabel
3.12.2
Menyajikan data dua variabel dari berbagai jenis bentuk diagram
3.12.3
Menentukan hubungan antar variabel untuk mengambil kesimpulan
|
4 JP
2 JP
|
||
4. Mengolah,menyaji,dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai,merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca,menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
4.6 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan data
hasil pengamatan dalam bentuk tabel dan berbagai grafik serta
mengidentifikasi hubungan antar variabel serta mengambil kesimpulan
|
4.6.1
Menyajikan data nyata berupa data dua variabel dalam bentuk tabel
4.6.2
Menyajikan data nyata berupa data dua variabel dalam berbagai jenis
bentuk diagram
|
4 JP
|
||
Tes
Formatif 2 JP
|
SEMESTER II
NO
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
ALOKASI WAKTU
|
7.
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.1 Toleransi terhadap adanya perbedaan agama yang dianutnya
|
Peluang
|
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan
karya teman dalam interaksi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
|
2.3.1
Menunjukkan sikap objektif dalam memahami konsep peluang
|
|
||
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi,seni, budaya terkait fenomena dan kejadiantampak mata
|
3.9 Menentukan peluang suatu kejadian sederhanasecara empirik dan
teoritik
3.13 Memahami konsep ruang sampel suatu percobaan
|
3.9.1
Menemukan konsep definisi peluang empirik
3.9.2
Menerapkan konsep definisi peluang empirik dalam menyelesaikan soal
3.9.3
Menemukan konsep definisi peluang teoritik
3.9.4
Menerapkan konsep definisi peluang teoritik dalam menyelesaikan soal
3.9.5 Menjelaskan kembali konsep definisi
kejadian saling bebas dan kejadian tidak saling bebas
3.9.6
Menerapkan konsep definisi kejadian saling bebas dan tidak saling
bebas dalam menyelesaikan soal
3.13.1
Menemukan konsep definisi ruang sampel, titik sampel, dan kejadian
3.13.2
Menentukan ruang sampel suatu eksperimen
|
6 JP
2 JP
|
||
4. Mengolah,menyaji,dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai,merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis,
membaca,menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.7 Menerapkan prinsip-prinsip peluanguntuk menyelesaikan masalah
nyata
|
4.7.1 Menerapkan prinsip-prinsip
peluang untuk menyelesaikan masalah nyata
|
2 JP
|
||
Tes
Formatif 2 JP
|
|||||
8.
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.1 Toleransi terhadap adanya perbedaan agama yang dianutnya
|
Bidang Kartesius
|
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri dan ketertarikan pada
matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika,
yang terbentuk melalui pengalaman belajar
|
2.2.1
Menunjukkan rasa ingin tahu dalam setiap permasalahan yang muncul
|
|
||
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni,
budaya terkait fenomena dan kejadiantampak mata
|
3.5 Menentukan
orientasidanlokasi benda dalam koordinat Cartesius serta menentukan posisi relatif terhadap acuan tertentu
|
3.5.1
Mendeskripsikan konsep bentuk bidang kartesius
3.5.2
Meenyatakan letak suatu titik dalam bidang kartesius
3.5.3
Mengidentifikasi sifat titik pada bidang kartesius terhadap kuadrannya
3.5.4
Menerapkan konsep bidang kartesius dalam bidang
3.5.5
Menemukan konsep jarak dua titik dalam bidang kartesius
3.5.6
Menerapkan konsep jarak dua titik dalam bidang kartesius
|
6 JP
|
||
4. Mengolah,menyaji,dan
menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca,menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
|
|
|
||
Tes
Formatif 2 JP
|
|||||
9.
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.1 Toleransi terhadap adanya perbedaan agama yang dianutnya
|
Sistem Persamaan Linier Dua Variabel
|
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik dan kreatif, konsisten
dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam
memecahkan masalah sehari-hari, yang merupakan pencerminan sikap positif
dalam bermatematika
|
2.1.1
Memiliki sikap teliti dalam membuat model matematika terkait SPLDV
|
|
||
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi,seni, budaya terkait fenomena dan kejadiantampak mata
|
3.14 Memilih strategi dan aturan-aturan
yangsesuai untukmemecahkan suatu permasalahan
|
3.14.1
Membuat model matematika dari suatu permasalahan umum dalam persamaan
linier dua variabel atau sistem persamaan linier dua variabel
3.14.2
Menentukan strategi untuk mencari penyelesaian SPLDV (metode grafik,
metode substitusi, dan metode eliminasi)
|
4 JP
|
||
4. Mengolah,menyaji,dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca,menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Menyelesaikan permasalahan nyata yang berkaitan dengan persamaan
linear dua variabel, sistem persamaan linear dua variabel, dan atau fungsi
kuadrat
4.8 Membuat danmenyelesaikan modelmatematika
dariberbagaipermasalahan nyata
|
4.1.1
Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait dengan peramaan linier
dua variabel atau sistem persamaan linier dua variabel
4.8.1
Membuat model matematika dari berbagai permasalahan nyata yang terkait
dengan persamaan linier dua variabel dan sistem persamaan linier dua variabel
4.8.2
Menyelesaikan model matematika dari permasalahan nyata yang berkaitan
dengan persamaanlinier dua variabel dan sistem persamaan linier dua
variabel
|
2 JP
4 JP
|
||
Tes
Formatif 2 JP
|
|||||
10.
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.1 Toleransi terhadap adanya perbedaan agama yang dianutnya
|
Fungsi Kuadrat
|
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri dan ketertarikan pada
matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika,
yang terbentuk melalui pengalaman belajar
|
2.1.1
Memiliki rasa ingin tahu dalam menemukan, menggambar, dan menentukan
konsep fungsi kuadrat.
|
|
||
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi,seni, budaya terkait fenomena dan kejadiantampak mata
|
3.3 Menganalisis sifat-sifat fungsi kuadrat
ditinjau dari koefisien dandeterminannya
|
3.3.1
Menemukan konsep definisi fungsi kuadrat
3.3.2
Mengidentifikasi bentuk grafik fungsi
3.3.3
Menentukan grafik fungsi
3.3.4
Menentukan grafik fungsi
3.3.5
Menentukan grafik fungsi
3.3.6
Menentukan grafik fungsi kuadrat ()
3.3.7
Mengidentifikasi pergeseran grafik fungsi kuadrat
3.3.8
Menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat
3.3.9
Menentukan sumbu simetri dan titik optimum grafik fungsi kuadrat
3.3.10 Menentukan sumbu simetri dan nilai
optimum grafik fungsi kuadrat
3.3.11 Menentukan nilai maksimum dan minimum
3.3.12 Menentukan fungsi kuadrat berdasarkan
grafiknya
3.3.13 Menentukan fungsi kuadrat berdasarkan
titik potong sumbu X
3.3.14 Menentukan fungsi kuadrat dari
beberapa informasi (titik potong dari sumbu X atau sumbu Y, titik puncak dan
sumbu simetri serta beberapa titik koordinat yang dilalui grafik tersebut)
|
8 JP
|
||
4. Mengolah,menyaji,dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai,merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca,menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Menyelesaikan permasalahan nyata yang berkaitan dengan persamaan
linear dua variabel, sistem persamaan linear dua variabel, dan atau fungsi
kuadrat
|
4.1.1
Mengaplikasikan fungsi kuadrat pada masalah kontekstual
4.1.2 Menyelesaikan permasalahan kontekstual
terkait dengan fungsi kuadrat dari beberapa informasi kontekstual
|
6 JP
|
||
Tes
Formatif 2 JP
|
|||||
Jumlah
|
130 JP
|
Semarang, Juli 2015
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru Kelas
_________________ ______________________
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar